Mengenal Jquery yuk !!!


Bagaimana kabar hari ini pembaca dan anggota komunitas saungIT ? semoga tidak pernah terlewat waktu yang diberikan kepada kita untuk selalu belajar dan berbagi ilmu. Pada posting kali ini saya akan mencoba memperkenalkan sebuah library yang paling sering digunakan pada website. Apa lagi kalo bukan JQuery.

Apa sih jQuery itu?? seperti yang kita tahu JQuery adalah library dari javascript yang bkerja pada sisi client, tidak seperti scripting / language lain yang bekerja pada sisi server seperti java, php, pearl atau python. Ada yang bilang kalo Jquery itu dihadirkan ke web sebagai jawaban atas fungsionalitas web yang sangat tidak menarik dan interaktif. Tidak seperti pada aplikasi desktop dulu aplikasi berbasis web masih sangat sederhanan dan beberapa tidak interaktif dengan aktifitas yang diinginkan oleh user.

Lalu bagaimana saat ini? saya yakin sekarang kita akan sangat sulit menemukan aplikasi bebasis web yang tidak menggunakan jQuery. Ini yang mendorong saya pada kesempatan kali ini untuk memperkenalkan secara sederhana apa itu jQuery, bagaimana cara bekerjanya dan darimana kita bisa memulai untuk menggunakan jQuery.

Motivasi saya untuk memulai mengenal jQuery adalah menjadikan asplikasi berbasi web untuk bisa berinteraksi semirip mungkin dengan aplikasi desktop, ini memang alasan mengapa jQuery hadir pertama kali  pada januari 2006 oleh John Resig. 

Lalu bagaimana cara menggunakannya, pertama tammbahkan library ini pada setiap view yang dibuat pada web. cara pertama untuk load library bisa dengan menambahkan referensi api ke google cukup copykan :
 <script src="//ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js"></script>  

Lalu cara kedua adalah dengan download librarynya dari http://jquery.com/download/ kemudian copykan ke direktori web yang anda buat lalu berikan referensinya seperti diatas dengan menyesuaikan lokasi foldernya, misal : 
 <script src="localhost/jquery/1.8.3/jquery.min.js"></script>  

Sekarang saatnya ujicoba dengan menambahkan satu script sederhana pada halaman web yang sudah ada sebelumnya.

 <script>  
 $(document).ready(function () {  
  alert('Selamat datang di web ku');  
 });  
 </script>  

Coba load kembali web tadi, maka yang akan terjadi adalah muncul popup berupa pemberitahuan sperti ini.




Nah itu dia contoh untuk artikel perkenalan saat ini. selanjutnya akan kita bahas lebih jauh penggunaan jQuery yang sering digunakan pada aplikasi web.

Salam Teknokrat....

0 komentar:

Posting Komentar

 
Komunitas TIK Bandung Jawa Barat Indonesia © 2015 | Desain oleh Cheap TVS