GEEKTOLS !!! Membuat Mac Anda Lebih Atraktif


Layar desktop Anda biasanya hanya dipenuhi dengan berbagai macam aplikasi dan folder-folder, namun sebenarnya bukan hanya itu yang dapat anda lakukan dengan tampilan desktop Mac anda. Layar desktop Mac anda dapat menjadi sumber informasi yang lebih bermanfaat seperti informasi tanggal dan waktu, menampilkan jumlah space hardisk yang tersisa, status dari baterai laptop anda, sistem performance dan masih banyak lagi. Dengan GeekTool, Anda dapat memasukan segala macam informasi tepat di depan layar desktop anda, sehingga desktop anda menjadi lebih berguna dan terlihat MANTAF.

Apa Itu GeekTool?


GeekTool adalah sebuah utilitas yang memungkinkan Anda untuk menanamkan objek dan informasi secara langsung ke desktop Mac Anda. GeekTools menampilkan panel preferensi dalam Sistem Preferensi, dari sana Anda dapat menggunakan salah satu dari tiga termasuk plug-in (yang disebut "geeklets") untuk menjalankan perintah teks (seperti perintah baris pengkodean). Output dari perintah-perintah tersebut ditampilkan pada desktop, terorganisir dan dapat Anda atur menurut selera anda.

Bundel Geeklets termasuk "File" plug-in, yang memungkinkan Anda untuk memonitor aktivitas sistem dan aplikasi atau menyimpan file teks pada desktop Anda, "shell" plug-in yang memungkinkan Anda menjalankan script dari perintah terminal dan menampilkan mereka output pada desktop, dan "image" plug-in yang memungkinkan Anda menampilkan item seperti cover album iTunes, kondisi cuaca, dan banyak lagi pada desktop Anda. Supaya Anda tidak penasaran dan lebih familiar dengan Geektools kita coba buat geeklets untuk menampilkan Jam dan Tanggal ke desktp anda.

Menambahkan Jam dan Tanggal


  • Tarik geeklet Shell ke desktop Anda, dan atur penempatan sesuai dengan keinginan Anda. Tarik sudut kanan bawah untuk mengubah ukuran. Berikan nama, kemudian, dalam menu "command" dari jendela properti, ketik perintah berikut:


date "+% H:% M"


  • Atur refresh rate menjadi setiap 60 detik sehingga waktu update setiap menit, klik kotak untuk mengatur font dan warna, dan tingkatkan ukuran sehingga waktu yang ditampilkan sebagai besar seperti yang Anda inginkan. Pada contoh di sini, saya menggunakan Futura Medium, di 144 pt.

  • Saya menggunakan waktu 24-jam di sini, tapi jika Anda lebih suka gaya AM / PM, menggunakan perintah ini sebagai gantinya:


date "+% I:% M% p"


  • Perintah %I mematikan format 12-jam, dan %p pada akhir menambahkan AM / PM ke jam.





  • Setelah terlihat seperti yang Anda inginkan, ulangi proses tadi untuk untuk menampilkan tanggal. Tarik geeklet lain ke desktop, sesuaikan ukurannya, dan kemudian ketik berikut ke dalam kolom perintah:


date "+%A", date "+%d %B %Y"


  • Perintah tersebut akan menunjukkan hari dalam seminggu, dan kemudian tanggal pada baris berikutnya. Atur timer refresh rate yang tinggi saat ini, coba setiap 1000 atau 5000 detik, tanggal hanya berubah sekali setiap 86.400 detik. Jika Anda bangun di tengah malam dan itu akan membunuh Anda untuk melihat tanggal sebelumnya untuk 1000 detik, atur lebih rendah. Pastikan untuk mencocokkan font dengan waktu agar tampilan konsisten. Masih banyak lagi yang dapat di lakukan oleh geeklets, selamat berkreasi.




Sumber : lifehacker.com







0 komentar:

Posting Komentar

 
Komunitas TIK Bandung Jawa Barat Indonesia © 2015 | Desain oleh Cheap TVS