Ngoding Bareng Mesosfer

Mesosfer adalah salah satu penyedia jasa Mobile BackEnd as a Service, apa itu Mobile BackEnd as a Service(MBaaS)? MBaaS adalah sebuah teknologi yang memudahkan kita untuk membuat sebuah aplikasi tanpa perlu ribet memikirkan backend, dikarenakan permasalahan backend sudah dihandle oleh MBaaS tersebut. Jadi, dengan menggunakan Mesosfer kita tidak usah memikirkan backend lagi.

Yang saya suka dari Mesosfer ini adalah kita tidak perlu membayar terlebih dahulu untuk mencoba fitur-fitur yang tersedia, alias free. Berikut ini akan saya paparkan beberapa kelebihan Mesosfer berdasarkan pengalaman saya saat menggunakan MBaaS yang satu ini.

  • Support berbagai platform
    Mesosfer berbagai platform seperti web dan mobile, untuk mobile mesosfer suppor android dan ios sementara untuk web mesosfer support untuk CodeIgniter dan Laravel.
  • Dokumentasinya mudah dipahami
    dokumentasinya mudah dipahami dikarenakan mesosfer mempunyai mesosfer community jadi bisa langsung bertanya pada pakarnya.
  • Instalasinya gampang
    Dari sisi instalasi mesosfer tidak terlalu ribet dan juga easy to use
Saya akan mendemokan bagaimana instalasi Mesosfer di android, sangat gampang sekali :

  1. Tools yang dibutuhkan adalah laptop kamu harus diinstal Java versi 1.8 dan Android Studio(yang saya pakai adalah android Studio versi 2.2)
  2. Masuk ke dokumentasi Mesosfer
  3. Download library Android Mesosfer
  4. Setelah berhasil didownload library tersebut, kemudian letakkan pada folder libs yang ada di project android yang sebelumnya sudah kita buat 


     
  5. Tambahkan flatDir {dirs 'libs'} pada build.gradle(Project:NameProject) dan tambahkan juga pada build.gradle(Module: app) compile 'com.eyro.mesosfer:MesosferSDK-Android:[email protected]'
  6. kemudian buatlah sebuah class yang ber-extends Application dengan mencamtukan application id yang sudah disediakan oleh Mesosfer

0 komentar:

Posting Komentar

 
Komunitas TIK Bandung Jawa Barat Indonesia © 2015 | Desain oleh Cheap TVS