SiVION Bandung 2016, Tanda Tangan Digital Pada Transaksi Elektronik


Sistem Verivikasi Identitas Online Nasional merupakan suatu event yang digagas oleh kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam rangka melakukan digitalisasi tanda tangan pengganti berkas dalam bentuk kertas.

Ini merupakan salah satu cara untuk mensukseskan E-Goverment di Indonesia. Dengan beralih ke tanda tangan digital maka kita tidak perlu untuk melakukan cetak surat atau berkas menjadi kertas. Justru harus tetap dalam bentuk digital di dalam sebuah file, kita bisa melakukan tanda tandan digital dan melakukan verifikasi keaslian dari tanda-tangan tersebut serta kita bisa memvalidasi apakah berkas file tersebut ada yang mengubah oleh pihak luar atau tetap dalam kondisi aslinya ketika di tanda-tangani.

Kominfo dalam kesempatannya kemarin, selasa tanggal 13 Desember 2016. Bertempat di Trans Luxury Hotel Bandung. Mengadakan seminar dan workshop SiVION (Sistem Verifikasi Identitas Online Nasional). Dimulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 menghadirkan berbagai pihak terkait yang berhubungan dengan tanda tangan digital. Seperti Staf Khusus Kementrian Kominfo, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat serta rekan-rekan pengkaji Hukum legalitas dari tanda tangan digital ini. Memang dari aspek legalpun, tanda-tangan digital ini harus secara legal bisa membuktikan sebagai pengganti surat perjanjian yang biasanya di cetak dan di tanda-tangani dua belah pihak.

Acara ini dihadiri oleh 1000 orang dari berbagai komunitas dan instansi yang ada di Jawa Barat yang pada saat acara juga dibuatkan tanda-tangan digital dari Root CA Kominfo yang sudah dipersiapkan pada saat acara. Dengan begitu, maka sudah ada 1000 orang pertama pengguna tanda tangan digital di Jawa Barat atas terselenggaranya acara SiVION di Kota Bandung ini.

Root CA, merupakan kepanjangan dari ROOT Certificate Authority. Adalah lembaga atau instansi tertinggi untuk menerbitkan sertifikat digital kepada personal atau lembaga di bawahnya. Keberadaan ROOT CA kominfo menjadi ukuran penting sebagai sebuah lembaga tertinggi pengabsah tanda-tangan digital, karena posisinya sebagai lembaga negara. Dimana Indonesia saat ini sudah memiliki ROOT CA sendiri yang dibuat resmi oleh negara dan memiliki dasar landasan hukum yang kuat untuk dilakukannya verifikasi dan validasi atas semua dokumen digital yang kita buat. rekan-rekan bisa mendaftarkan diri di halaman https://rakominfo.rootca.or.id/register#/personal#top yang kemudian validasi baru dilakukan kemudian.

1 komentar:

  1. hmmcaper mengatakan...:

    ROOT CA spertinya teknologi ini cocok untuk perusahaan perusahaan besar,,,
    lampu servis led

Posting Komentar

 
Komunitas TIK Bandung Jawa Barat Indonesia © 2015 | Desain oleh Cheap TVS